Menikmati Pemandangan Belitung dari Ketinggian di Bukit Batu Baginde


Bukit Batu Baginde (Instagram)

Mendengar nama Belitung, mungkin kamu bakal teringat dengan film “Laskar Pelangi”, yang menampilkan keindahan Belitung dari sisi pantainya. Rupanya, keindahan Belitung nggak hanya pantai saja, namun ada juga keindahan alam lainnya. Salah satunya adalah Bukit Batu Baginde.

Memang keberadaannya masih sangat awam bagi wisatawan Indonesia, berbeda dengan Pantai Tanjung Tinggi atau Pulau Lengkuas yang jadi destinasi wajib saat berkunjung ke Pulau Belitung. Namun bagi masyarakat yang suka hiking tentunya perlu mencoba untuk mendaki bukit yang menyajikan batu granit besar nan menjulang tinggi ini. Jarak tempuhnya kurang lebih satu jam dari kota Tanjungpandan.

Bukit Batu Baginde (Instagram)

Objek wisata yang satu ini berupa penampakan alam sepasang batu granit besar yang berbentuk bukit dengan tinggi sekitar 259 meter. Kemudian oleh masyarakat sekitar, batu yang berdiri dengan posisi berhadapan tersebut disebut dengan batu laki dan batu bini. Disebut batu laki karena salah satu batunya berbentuk lonjong dan tajam. Sedangkan batu yang bisa kita naiki adalah batu bini karena bentuknya yang landai.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, karena untuk menuju ke tempat tersebut nggak memerlukan waktu yang lama. Selama perjalan ke sana kamu akan dihipnotis dengan pemandangan hutan hijau tropis dan sering kali diselingi dengan panorama pantai-pantai berpasir putih dan air laut yang biru jernih.

Bukit Batu Baginde (Instagram)

Sesampainya di Batu Baginde, kamu masih belum bisa langsung bisa naik ke atas dengan menggunakan mobil atau motor, karena jalan yang dilalui bukan jalan yang sudah di aspal, melainkan bukit yang sedikit curam sehingga kita harus berjalan kaki untuk sampai ke Batu Baginde tersebut. Untuk bisa menaiki batunya, kamu membutuhkan tali pengaman yang sudah disiapkan masyarakat sekitar agar kamu bisa lebih aman menaikinya.

Di atas, kamu akan langsung disambut dengan tiupan angin lembut yang seolah-olah mengucapkan selamat datang pada gansis dengan halusnya. Hijaunya hutan-hutan di bawah bukit tersebut turut menghijaukan pandangan mata kita. Hamparan air laut dari kejauhan yang seolah sengaja diletakkan di batas daratan dari kejauhan mampu membuat mata terkagum-kagum akan keindahan pesona alam Indonesia.

Bukit Batu Baginde (Instagram)

Selain itu, jika kamu datang pada pagi hari, kamu bisa melihat sunrise dengan lembutnya perlahan demi perlahan menyinari dunia dan mengajak kita melihat betapa indahnya pulau kecil ini. Begitu pula jika kamu pergi di sore hari, kamu bisa melihat sunset yang nggak kalah indah.

Jadi, jika kamu akan berlibur ke Belitung, jangan lupa ke Batu Baginde selain mengunjungi pantai-pantainya. (tom)

Apa Komentarmu

sumber : jadiberita